Halloween party ideas 2015


Karya: Abdy Busthan



BABAK PERTAMA 


.........(suasana di atas panggung gelap).......... 

Malam itu, kegelapan datang menutupi jagad raya. Kegelapan ini bukanlah tanda bahwa kue-kue mau dibagikan, layaknya sebuah perayaan natal yang meriah. Kegelapan ini bukan pula kode alam karena terbenamnya sang mentari, demi menyongsong sang malam yang diikuti dengan kalimat “sunyi senyap”, seperti lirik pada bait pertama yang terdapat dalam lagu Malam Kudus. 

.........(para pembawa lilin memasuki panggung, dengan di iringi instrumen musik bernuansa duka).......... 

Ini adalah kegelapan dalam arti yang sebenarnya! Suatu kenyataan yang apa adanya, bukan ada apanya. Ini sebuah tragedi kegelapan yang selalu hadir dan membawa, tidak saja ribuan, tetapi juga jutaan caci maki! Bahkan penghancuran! Seperti yang terdengar malam ini ... di atas,... di samping, bahkan dibawa, semuanya menjadi gaduh! 

Kegelapan ini sungguh antagonistis dengan sumber datangnya kegelapan itu sendiri. Ini memang diluar hukum logika kegelapan! Ya... memang sesuatu yang tak mampu dinalar juga dengan prinsip-prinsip penerangan. Karena yang terjadi adalah “habis gelap, terbitlah gelap”. 

Bagaimana mungkin suatu tempat, dimana sumber penerangan itu berada, justru dengan serta-mertanya tidak menghadirkan terang? Tapi ini, justru mempersembahkan kegelapan yang nyaris sempurna di bumi flobamora tercinta ini. 

.........(para pembawa lilin membentuk formasi tulisan PLN dan bentuk tanda tanya, dengan masih diiringi instrumen musik bernuansa duka).......... 

Akhirnya, semua membenci! Semua geram! Semua meneriakkan ketidakpuasan dengan cara-cara hewani! cara-cara yang “sama persis” dengan kebun binatang! Semua pun membinatangkan diri! Melalui pikiran, perkataan, bahkan perbuatannya masing-masing.... Semua itu semata-mata, ditujukan bukan untuk kegelapan! Tetapi justru kepada biang kerok dari kegelapan itu sendiri! Ya... siapa bisa menyangka? Bahwa biang kerok semua ini adalah Perusahaan Listrik Negaraalias PLN! 

.........(satu per satu pembawa lilin beranjak meninggalkan panggung, sambil suara musik perlahan-lahan diatur berhenti sesuai dengan menghilangnya pembawa lilin terakhir).......... 

Lilin...lilin... lilin ...... mereka akhirnya terbakar lalu lenyap... merekapun meleleh-leleh ... luluh, lalu lantak ! Jika saja diijinkan untuk membenci, lilin pasti tak akan luput dari amarahnya... Lilin pasti geram! Lilin pasti memaki! Karena, Lilin membenci Listrik! 

Adegan I 

Pada suatu malam disudut kota Kupang, tepatnya dirumah sebuah keluarga yang sederhana, yaitu keluarga Matakena. Bapak Matakena hanyalah seorang kuli yang sehari-harinya bekerja di pelabuhan Tenau. Sementara istrinya, Ibu Matakena, hanyalah seorang pembantu rumah tangga. 

Ibu Matakena (sementara di dalam kamar mandi): 
Bapa e.... su karmana ko kamar mandi galap bagini nih? Tolong ko bapa ambe lilin kas beta do...kal sonde, te’ bet sond dapa liat sikat gigi yang mana, ko sabun yang mana hang? 

Bapak Matakena (semabil duduk di kursi kayu, kira-kira 1 meter diluar kamar mandi, sambil mengahadap sebelah timur, dengan santai menikmati sebatang rokok, dan segelas ‘Sopi’ Rote): 

Awiii mama e..... su tau beta bukan kepala PLN begini nih, makanya kalo malam su datang tuh, mama bo’i dong kalo bagerak, siap memang lilin deng petek di saku baju ko, di saku celana ko... Ini untung ada beta, te’ kal sonde, bisa-bisa mama lari kaluar tuh kamar mandi deng lupa pake baju lai... hehehe.... (sambil bergegas ke dalam rumah mencari lilin) 

Ibu Matakena (sedikit teriak): 
Eh .. ko pigi su bapa sayang e..... jang ko manghayal talalu tinggi macam ke’ PLN nih ada baek ko .....! 
___________________________________________________________________ 

Adegan II 


Ke-esokan harinya, tepatnya di siang hari, ibu Matakena sedang asik mencuci pakaian di luar rumahnya dengan menggunakan mesin cuci bekas yang sebulan lalu diberikan oleh majikannya. Namun tiba-tiba ................. 

Ibu Matakena (sambil menepuk jidat dan teriak dengan lantang): 
Adoooooh....... bapa kami yang di surga e ...... kanapa ko listik nih main padam tarus ko? Sonde siang, sonde malam, sama sa! Padahal tadi pagi su padam dua kali lai.... bapa ........ bapa e ..... (dengan teriak keras) .. tolong ko telpon ambe nih kantor PLN do .. jang sampe dong lupa tadi malam batong su dapat giliran pemadaman lampu nih.... 

Petrus (keluar dari dalam rumah dengan sedikit terlihat geram): 
Mama su kanapa nih? Su sama ke’ orang kalah judi ko tariak-tariak sond jelas nih? Biasa sa mama e ... sonde pake urat ju baek hang? Bapa sonde ada, tadi beta dapat liat bapa duduk deng bapa RT dong di deker depan jalan masuk tuh... 

Ibu Matakena (sambil berdiri menghadap Petrus dan meletakkan ke-dua tangannya di pinggang): 
Hae.......... anak kici e ... kanapa? Biar ko orang PLN dong dengar supaya dong sadar sadikit...tiap bulan jang cuma tau datang tagi-tagi dong pu doi terus, te’ dong pu kewajiban sond pernah dilaksanakan (sambil tunduk menyepur pakaian) .... lu su pulang sekolah ko anak? Baru lu pu ade mana? 

Petrus (berdiri disamping kanan ibunya): 
Iya mama ... tapi jang pake acara tariak do, sond enak deng tetangga dong.... ade Rut su pulang tuh ... ada dalam kamar! 

Ibu Matakena (mengarahkan pandangannya ke arah Petrus): 
Bukan bagitu kaka pe’u ... lu tau toh, kalo listrik sond menyala, katong mau kerja stenga mati.. ko ini samua-samua su bergantung deng listrik sa nih.. mau cuci pake listrik, mau masak pake listrik... mau tidur siang sa basong son bisa tidur kalo sond kas hidup tuh kipas puruk toh? 

Ruth (keluar dari dalam rumah menghampiri ibu dan kakaknya): 
Betul tuh mama....dimana-mana batong bagerak serba listrik... apalagi kalo malam sond ada listirik, terpaksa batong musti kaluar doi beli lilin lai... baru, batong musti taro lilin nih bae-bae.. kal sonde te’, sama ke’ Ibu Lurah pung rumah tabakar minggu lalu gara-gara salah taro lilin tuh... Seandainya beta jadi lilin, pasti bet su pi cari listrik ko tampar de pu muka...kalo beta jadi lilin, beta akan benci deng itu listrik tuh ... 

........ di iringi instrumen musik......... 

Ibu Matakena (sambil berjalan memegang pundak Petrus dan Ruth, lalu mengarahkan keduanya menghadap ke penonton): 
Mau bilang lai? Batul tuh adek (menolehkan kepala ke samping kanannya, ke arah Ruth) ... ini lu pung kaka pe’u nih, (menolehkan kepala ke samping kirinya, ke arah Petrus) dari tadi dia bela-bela mati kantor PLN dong ... su sama ke’ dia dapat doi tiap bulan dari dong sa.... Nah sudah, basong dua masuk ko pigi makan su.. nanti basong sakit lai...kas tinggal ko biar itu lilin membenci listrik! 

Petrus dan Ruth: 
Iya mama ..


Naskah di atas dikutip dari buku:

JUDULNYA BELUM BERJUDUL 

ISBN: 978-602-74190-2-5
Penulis: Abdy Busthan
Tahun:2017
Penerbit: Desna Life Ministry
Tempat Penerbit: Kupang 

Post a Comment

Profil Saya

{picture#https://1.bp.blogspot.com/-V31e-myJNW0/XX2C7szaFMI/AAAAAAAAA4M/pExFqeoRLNMKX2hfrd5SqrmprET17-_jwCLcBGAsYHQ/s640/r56722.jpg} Abdy Busthan adalah Dosen dan Teknolog Pembelajaran, serta pembina dan peneliti di Jurnal Ilmiah Flobamora Science. Dibesarkan di kota Nabire, Papua. {facebook#https://www.facebook.com/AbdyBS/} {twitter#https://twitter.com/abdybusthan} {google#https://busthan-abdy.blogspot.com/} {pinterest#https://id.pinterest.com/abdybusthan213/} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCnLMvY91iOTKgfvwd2hfJsg?view_as=subscriber} {instagram#https://www.instagram.com/busthanabdy/}
Theme images by sbayram. Powered by Blogger.